Renungan Kitab Suci hari Selasa, 29 Juli 2014: Sola Fides?

909 views

kiman-jesus-bangkit-hidup-katolik

PW St. Marta; Yer. 14:17-22;¬Mzm. 79;¬Yoh. 11:19-27
Marta adalah orang yang senang bekerja sendirian. Namun, seperti kebanyakan orang Yahudi, ia juga memiliki iman pada “kebangkitan pada akhir zaman”. Marta juga percaya kepada ‘kekuatan’ Yesus. Namun, ketika Lazarus, satu-satunya saudara laki-lakinya, meninggal dunia tanpa kehadiran Yesus, Marta meragukan imannya. “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati“ (Yoh.11:21). Terhadap situasi semacam ini, Yesus memberi solusi to the point: “Saudaramu akan bangkit!” (ay. 23).
Kisah Marta memberi teladan mengenai proses pertumbuhan iman, yang tidak bisa dihidupi sendirian. Ia harus di olah bersama dan selalu dikaitkan dengan lingkungan sekitar. Bukan hanya dalam ranah sikap iman orang lain, tetapi juga dalam ranah isi iman. Karena itulah, dalam Gereja Katolik, tidak dikenal prinsip sola fides (hanya melalui iman saja, orang bisa memperoleh keselamatan, yang lain tidak perlu).
Iman Katolik harus selalu ditempatkan dalam kesatuan dengan iman seluruh umat Allah, dengan segala tradisi, Kitab Suci, dan ajarannya. Maka, komunikasi iman, mulai dari mendengar, menyimak, memahami, dan mewujudkannya secara sosial, menjadi paling utama. ‘Persekutuan orang kudus’ yang berpusat pada karya keselamatan Tritunggal Mahakudus, merupakan harta paling berharga dari Gereja.
Henricus Witdarmono

– See more at: http://www.hidupkatolik.com/2014/07/29/renungan-selasa-29-juli-2014-sola-fides#sthash.FtMgfCZ7.dpuf

Bacaan Injil Bacaan Kitab Suci Renungan Kitab Suci hari ini

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan