Renungan Kitab Suci hari Senin, 28 Juli 2014: Terima Transformasi

1245 views

Harta-rohani

Pekan Biasa XVII; Yer. 13:1- 11; Mzm.50; Mat. 13:31-35
“Kerajaan Sorga itu seumpama biji sesawi (Yun. sinapi), yang diambil dan ditaburkan orang di ladangnya (Yun. agros),” (Mat.13:31). Biji sinapi (Sinapis nigra) memang sangat kecil, diameternya hanya 1 mm. Tetapi bila sudah tumbuh, ia bisa lebih besar dari pada sayuran (Yun. lachanon) lain, bahkan menjadi pohon (Yun. dendron). Tingginya sekitar 3 meter. Biasanya biji sinapi dipakai untuk obat.
Yang mau diajarkan oleh Yesus melalui perumpamaan biji sinapiini adalah: sesuatu yang ‘sangat kecil’ itu dapat berubah menjadi sesuatu yang ‘sangat besar’, sehingga bisa menjadi tempat kediaman bagi yang lain. Itulah Kerajaan Sorga, ia dapat berkembang besar dalam ‘ladang’ (agros) kemanusiaan, meski awalnya sangat kecil. Perkembangan Kerajaan Sorga itu sendiri seperti ragi yang “dipendam (Yun. egkruptó) di dalam terigu” (ay.33). Begitu sudah ‘dipendam’, proses peragian itu langsung berkembang tak terhenti.
Pertanyaannya, apakah kita bersedia menerima proses transformasi pertumbuhan Sabda Allah di dalam kehidupan kita, sehingga membuahkan sebuah kemanusiaan baru? Ataukah sebaliknya, kita lebih mementingkan pertumbuhan diri sendiri yang terlepas dari Allah? Bukankah melalui pembaptisan, Allah telah berada di dalam diri kita? Transformasi inilah yang diyakini oleh Paulus, sehingga ia bisa mengatakan: “harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami.” (2 Kor.4:7).
Henricus Witdarmono

 

– See more at: http://www.hidupkatolik.com/2014/07/27/renungan-senin-28-juli-2014-terima-transformasi#sthash.Fq3VFfvj.dpuf

 

Bacaan Injil Bacaan Kitab Suci Renungan Kitab Suci hari ini

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan