Renungan Kitab Suci hari Sabtu, 26 Juli 2014: Mengerti, Melaksanakan

1064 views
kiman-holy-spirit-and-mary-hidup-katolik
Pw St Yoakim dan Anna; Sir 44:1,10- 15; Mzm 132; Mat 13:16-17
Lanjutan dari perumpamaan tentang penabur, sambil membandingkan orang lain dengan para murid, Yesus memuji bahagia murid-Nya. Katanya, “… berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar” (ay. 13:16). Ucapan bahagia seperti itu biasa terdengar di kalangan orang Israel. Biasanya ia ditujukan kepada seseorang yang mendapat keuntungan, kesuksesan, sebagai tanda berkat Tuhan.
Yesus memuji bahagia “mata” dan “telinga” para murid-Nya. Telinga dan mata adalah dua organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Mereka “berbahagia” karena yang mereka lihat dengan mata adalah Kerajaan Allah itu sendiri, yakni Yesus dan yang mereka dengar dengan telinga adalah “sabda dan perbuatan-Nya”. Mereka lebih berbahagia, karena mereka hidup bersama Yesus, tokoh utama Kerajaan Allah.
Penginjil Mateus berusaha menerapkan perumpamaan itu bagi komunitas Kristen awal yang belum mengerti secara mendalam makna hidup sebagai orang Kristen. Mereka mendapat tekanan dari pemerintahan Romawi maupun para pemimpin Yahudi. Mungkin ada yang terpaksa meninggalkan iman karena tekanan itu. Sebatas melihat dan mendengarkan Sabda Tuhan tidaklah cukup sebagai murid Yesus. Yang utama dari semua itu adalah mengerti dan melaksanakan, sekalipun dalam situasi berat. Bagaimana dengan kita?.
Sr Grasiana PRR

– See more at: http://www.hidupkatolik.com/2014/07/25/renungan-sabtu-26-juli-2014-mengerti-melaksanakan#sthash.rIAnyESy.dpuf

Bacaan Injil Bacaan Kitab Suci Renungan Kitab Suci hari ini

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan