Masa Perkembangan SD Xaverius Metro

1857 views

Sejak tahun ajaran baru1 januari 1969 Sr C Suyatini HK diangkat menjadi Kepala SD Xaverius. Berdasarkan pengalaman suster bahwa anak-anak dari SD Xaverius Putra yang diserahkan frater khusus nya kelas 1,2, dan 3 hampir 30% anak-anak tersebut belum bisa membaca dan dikte secara lancar sehingga terbentuk kelas khusus 1,2, dan 3 selama + 3 tahun untuk mengejar pelajaran membaca dan dikte yang ketinggalan.

Disamping itu administrasi kantor tak terlepas dari perhatian suster, hal ini dapat dilihat dari kelengkapan data guru yang ada.

Tahun 1970     masuklah beberapa guru yaitu Bapak Mc Sutopo, Ibu F Kamsrini, Ibu Th Sri Kustiningsih dan Ibu V Nagtiyem.

Tahun 1971     masuk Ibu Endang Supiyatun dan Bapak Priyo Hermanto sebagai guru.

Tahun 1972     masuk Ibu Maria Goreti Suhasti, Bapak Supadmo Susilo, Bapak Y Saliyo sebagai guru dan Ibu Sri Kartini sebagai TU.

Tahun 1973     masuk dua orang guru Ibu Ch Sugiyanti dan Ibu Dasiyem.

Tahun 1974     masuk Ibu MM Sumarijlah sebagai guru dan tahun 1996 beliau meninggal karena sakit.

Tahun 1975     masuk 3 orang guru, Ibu Yeni Restiowati, Ibu Sumarni, dan Ibu Sutilah serta Ibu Suwarsih sebagai TU.

Pada tahun ini pula suster membangun AULA sebagai penunjang kegiatan olahraga maupun ketrampilan yang lain. Letak gedung ini berada di halaman bawah.

Karena kena sangsi pembauran antara murid pribumi dan non pribumi maka dengan terpaksa SD YBPK (sekarang SD Penabur) seorang guru bapak Slamet dan 34 orang murid Cina pindah ke SD Xaverius.

Tahun 1976     masuk seorang guru Th Sri Astuti.

Tahun 1977     masuk 2 orang guru Ibu A Lis Dwi Kristi Hartini dan Ibu F Sri Utari

Tahun 1978     masuk 4 orang guru: Ibu Ch Suparmi, Ibu Samirah, Ibu V Tusini dan Ibu Endang Marwanti serta Bapak Fx Sudarmadi sebagai TU.

Tahun 1979     terjadi pergantian kepala sekolah Sr C Suyatini HK digantikan oleh Sr. Xaveria HK dari TK Xaverius Metro dan masuk 4 orang guru : Ibu Suryani, Ibu CH Turiah, Ibu Y Puji Astuti dan Ibu Lis Dwi Kristi Hartini.

Tahun 1980     masuk 5 orang guru : Bapak M Sugiyanto, Ibu Murniati, Ibu ME Budiati, Ibu A Suyati, Ibu Anna Mujinem, Ibu Anna Satmiatiningsih.

Tahun 1981     terjadi pergantian kepala sekolah dari SR Xaveria HK diganti oleh Bapak Mc Sutopo. Dan masuk 4 orang guru : Ibu E Gunarti, Ibu C Arisetiani, Ibu Cm Martimah, Ibu Sukarni dan Sr Widaryati HK sebagai bendahara.

Tahun 1982     masuk Bapak WA Suparno sebagai guru dan Bapak Y Sunarjo sebagai pramubakti.

Tahun 1983     masuk SR Yustina HK sebagai wakil KS merangkap guru matematika, Sr Alice sebagai bendahara dan 2 orang guru Ibu F.Sukiyati dan Ibu C Supartiwi.

Tahun 1984     masuk 3 orang guru Ibu F Sri Wardani, Ibu Ag Kristini dan Ibu A Eniati.

Tahun 1985     masuk Sr Meriam HK sebagai guru dan Sr Monika HK sebagai bendahara.

Tahun 1986     masuk 3 orang guru : Sr Renata, Ibu Juwariyah dan Ibu M Sri Rahayu.

Tahun 1987     masuk 3 orang guru : Bapak R Hendro Atmoko, Bapak R Sumarno dan Ibu A Winarti.

Tahun 1988     masuk Sr Theresia HK sebagai wakil kepala sekolah merangkap guru agama.

Tahun 1989     masuk Sr. Francis HK sebagai bendahara, Sr Helena HK sebagai guru agama, Ibu M Supiyah, Ibu V Eko Winarsih dan Ibu Wini Rino sebagai pustakawati.

Tahun 1990     Bapak B Basuki Sukisna pada bulan juni memasuki masa pensiun, dan masuk Sr. Imelda HK.

Tahun 1991     masuk Sr Martha HK sebagai guru kelas dan Sr Jacquelline HK mengajar agama.

Tahun 1992     terjadi pergantian kepala sekolah dari bapak Mc Sutopo diganti oleh Sr. Rosalia HK dan masuk Sr. Aquina HK sebagai guru serta Sr. Vincentia HK bendahara.

Tahun 1993     Bapak ST Saidi pada bulan Desember memasuki masa pensiun dan masuk 5 orang guru : Bapak A Heru Listianto, Ibu Purwani, Sr Sutyas, Ibu Yuliana Setiowati dan Sr Genoveva sebagai guru ketrampilan dan Sr Irmina sebagai bendahara.

Tahun 1994     masuk Bapak M Suwinanto mengajar olahraga kelas 1,2,3 dan membantu perpustakaan. Pada tahun ini SD Xaverius telah diakreditasi oleh pihak pemerintah dengan status DISAMAKAN. Bulan Juli ini halaman sekolah atas dikeraskan dengan pemasangan paping blok sehingga untuk olahraga maupun upacara bendera dapat dilaksanakan walaupun baru saja habis hujan.

Tahun 1996     terjadi pergantian kepala sekolah dari Sr Rosalia HK yang dimutasi sebagai kepala sekolah di SLTP Xaverius Pahoman digantikan dengan Bapak Y Saliyo. Pada tahun yang sama masuk 3 orang suster, Sr Marcella HK sebagai Wakil kepala sekolah merangkap guru agama kelas 4,5, dan 6. Sr Clara HK guru agama kelas 1,2,3 dan mengurus koperasi sekolah dan Sr Marina HK sebagai bendahara.

Tahun 1988     masuk Sr Modesta HK sebagai bendahara. Bulan maret merehab WC guru dan WC murid dengan pemasangan keramik dan membuat tower dengan cor semen. Biaya dari sekolah dan 5 orang wali murid (donatur). Pada tahun yang sama masuk seorang guru : Ibu Agustina Nurhayati S. Pd. Beliau mengajar kelas 1 dan mengajar bahasa inggris kelas IV, V dan VI.

Tahun 1999     Sr Clara HK tugas belajar dan masuk Sr Lusia HK, Sr Isidora tugas di perpustakaan, Sr Jacqualline HK dan kedua suster mengajar agama. Pada tanggal 10 September 1999, Bapak Y Tugiyo memasuki masa pensiun. Pada tanggal 23 Oktober 1999, Ibu Agustina Nurhayati S.Pd mengundurkan diri.

Tahun 2000     Sr Modesta HK pindah ke Gunung Batin, Sr Isidora HK mengundurkan diri danmasuk Sisilia Tri Rahayu sebagai petugas Pustaka, Sr Widarti HK sebagai guru agama dan Sr Vianney HK tugas bendahara. Masuk Bapak Sartoyo.

Masa Perkembangan SD Xaverius Metro SD Xaverius Metro Sejarah SD Xaverius

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    1. author
      D. Dedy Prasetya Kristiadi4 tahun agoBalas

      ada seorang guru yang belum masuk namanya..Bu Sariyem th.1983 yang kelak menjadi Sr.Bernadetta HK

    2. author
      Alan maurda2 tahun agoBalas

      Salam buat bpk guru ku…B Basuki sukisna…gmn khbarnya ??

    Tinggalkan pesan