Masa Pemantapan SD Xaverius Metro

1538 views

Pada tanggal 1 Agustus 1952 SR Xaverius di metro berdiri dan saat itu Kantor Pusat Yayasan Xaverius berada di Keuskupan Palembang. Sekolah misi yang dikelola pastor-pastor SCJ melebur didalamnya sehingga kedudukan sekolah ini tampak kokoh.

Para guru atau staf pengajarnya antara lain Bapak PC Suhardi (alm), Bapak JB Kismo Utomo (alm), Bapak Darmo, Bapak Supriyo, Ibu Suharti, Ibu Saenah dan Ibu TH Sumarmi. Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar pada tahun 1953 diusahakan satu bangunan gedung baru tetapi masih jauh dari keadaan baik walaupun dindingnya sudah menggunakan bata merah. Pada tahun yang sama suster-suster Hati Kudus telah ikut pula ambil bagian sebagai tenaga pendidik.

Dengan kehadiran frater-frater BHK di metro pada tahun 1955 membuat suasana berubah, pendidikan lebih mendapat perhatian lagi secara khusus. Frater-frater BHK menangani pendidikan anak laki-laki maka lahirlah SR Xaverius Putra. Sedang pendidikan untuk anak-anak perempuan diserahkan kepada suster-suster Hati Kudus maka lahirlah SR Xaverius Putri.

Dengan pemisahan pengelolaan, tentunya kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan intensif sesuai dengan yang dicita-citakan para pengelola. Jika kita melihat dari peninggalan bangunan sekolah gedung Xaverius Putra ini membelakangi bangunan SD Xaverius Putri dan sampai saat ini letak bangunan masih asli belum ada perubahan.
Para guru yang bertugas di SD Xaverius Putra saat itu antara lain : Fr. Higinus, Fr.Aqiles, Bapak ST Saidi, Bapak Suwoto, Bapak A Y Kemidin, Bapak Sularto (alm), Bapak Tugiyo dan Bapak Wagimin. Sedang SD Xaverius Putri para guru SR Xaverius yang lama yaitu Bapak JB Kismo Utomo, Ibu Suharti, dan para suster Hati Kudus itulah diantaranya. Pada tahun 1958 sebagian guru SR Xaverius yang kami sebutkan ada yang mengundurkan diri dan pindah ke pemerintah sebagai guru pemerintah (negri).

Dilihat dari perkembangan tarekat Frater BHK di Lampung ini tidak mungkin untuk tetap bertahan, sehingga dampak nya akan sampai pada sekolah yang dikelolanya. Dengan pindahnya frater-frater BHK pada tahun 1967 maka untuk kelanjutan pengelolaan sekolah yang dipimpinnya (SR Xaverius Putra) diserahkan kepada suster-suster Hati Kudus yang mengelola SR Xaverius Putri.

Dengan semangat misi visi tarekat Suster-suster Hati Kudus ini, penyerahan sekolah dari frater-frater BHK diterima dengan penuh tanggung jawab. Untuk memudahkan pengelolaan selanjutnya maka pemisahan atas jenis kelamin ditiadakan, SR Xaverius Putra dan SR Xaverius Putri digabung menjadi satu dengan nama SR Xaverius (SD Xaverius) hingga saat ini yang berinduk pada Yayasan Xaverius Keuskupan Tanjung Karang

SD Xaverius Metro Sejarah Awal SD Xaverius Metro Sejarah SD Xaverius Sejarah SD Xaverius Metro

Penulis: 
    author

    Posting Terkait

    Tinggalkan pesan